Home » » Info Blog, SEO Responsive Template Blog

Info Blog, SEO Responsive Template Blog

Info Blog, responsive template bannerInfo Blog, SEO Responsive Template Blog ini sebenarnya adalah merupakan sebuah istilah yang aku munculkan sendiri untuk memberi nama bagi Template Blog yang aku pergunakan pada Info Blog ini. SEO Responsive Template ini merupakan disain template blog yang memadukan unsur-unsur SEO Friendly dengan unsur-unsur Responsive Template. Dalam pemikiran aku, kedua unsur tersebut di atas harus dapat melakukan sebuah sinergi yang apik untuk mengangkat keberadaan sebuah blog atau website. Dengan memadukan kedua unsur tersebut, diharapkan sebuah blog (yang baru sekalipun) akan mampu bersaing di daftar hasil pencarian mesin telusur semacam Google Search Engine.

Sebelum melanjutkan pembahasan, ada baiknya kita "back to basic" sejenak dengan mencoba memahami tentang definisi atau pengertian dari Template Blog itu sendiri. Dalam pembahasan tentang Seputar Pengertian Template Blog, hal ini telah pernah aku bahas, meskipun agak kurang mendetil (karena menyesuaikan dengan kemampuan atau pengertian yang aku miliki).

Template blog atau website adalah desain-desain halaman blog ataupun website beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Seperti yang anda lihat saat ini di blog ini, bahwa terlihat tatanan gambar serta tulisan di layar monitor anda, itulah yang dinamakan template blog.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Template Blog adalah merupakan sebuah wadah utama tempat menyimpan berbagai macam artikel (konten) blog maupun iklan-iklan dan berbagai macam widget blog. Kesimpulan berikutnya adalah bahwa sebuah template blog pada dasarnya sangat menentukan eksistensi sebuah blog untuk selanjutnya, artinya meskipun konten atau isi blog tersebut sangat berkualitas namun tidak ditunjang dengan Template Blog yang memadai untuk itu, maka tidak akan menghasilkan sesuatu apapun, baik di mata search engine maupun di mata calon pengunjung. Template Blog merupakan "starter point" demi berkembang tidaknya sebuah blog di masa-masa mendatang, hal ini terbukti dengan penerapan algoritma Google MobileGeddon yang mendasarkan perankingan pada model Mobile Template (Responsive Template).

Di sisi lain, keberadaan sebuah Template Blog (yang Responsive sekalipun) tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan script-script Meta Tag maupun script-script yang lainnya, yang dalam hal ini baik berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan yang namanya Search Engine Optimization (SEO). Tidak dapat dipungkiri bahwa SEO (OnPage terutama) tetap memegang peranan penting bagi keberadaan atau eksistensi sebuah blog di dalam persaingan jutaan blog yang ada dewasa ini. Pemakaian Responsive Template yang tidak ditunjang dengan optimasi SEO yang maksimal, saya rasa pun tidak akan berarti apa-apa, alias blog kita akan tetap "tenggelam" dari daftar pencarian mesin telusur (search engine). Tentang hal ini telah pernah aku bahas dalam sebuah artikel Responsive Template tidaklah cukup. Silahkan anda membacanya untuk lebih memperdalam maksudnya.

Kembali kepada masalah SEO Responsive Template, template blog yang dipergunakan oleh blog Info Blog ini, secara pribadi, aku nyatakan sangat memenuhi kriteria tersebut. Dari sisi SEO Friendly, penulis dalam hal ini telah melakukan test SEO dengan mempergunakan dua situs yaitu SEO Analizer milik Bing Webmaster, maupun dengan mempergunakan situs chkme.com, dengan hasil yang sangat-sangat memuaskan atau sempurna menurut salah satu pesulap andal .......... Hasil dari test tersebut dapat anda lihat pada gambar berikut ini.

Info Blog, hasil SEO Analizer

Info Blog, hasil chkme.com

Dari hasil kedua tes tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa template (template blog) yang dipergunakan dalam blog ini telah mengalami optimasi SEO OnPage yang maksimal dengan tanpa ada violation atau error yang berarti. Dengan demikian dari sisi SEO, template blog dalam blog ini sangat-sangat mumpuni.

Selanjutnya dari sisi responsivitas template, untuk mengecek-nya penulis dalam hal ini mempergunakan bantuan beberapa situs-situs online, yaitu  :

Beberapa hasil tes responsivitas dapat dilihat pada gambar-gambar berikut ini :

Info Blog, responsive-01

Info Blog, responsive-02

Info Blog, responsive-03

Dari sisi responsivitas template, ternyata template yang dipergunakan dalam blog ini sangat-sangat responsive, sehingga tidak perlu ada keraguan lagi.

Bagaimana dengan hasil dalam daftar pencarian mesin search engine ? Meskipun blog Info Blog ini masih baru, namun telah berhasil menduduki urutan pertama dari sekitar 3 juta blog yang lainnya dengan menggunakan sebuah kata kunci (keyword) tertentu. Sungguh sebuah hasil yang menakjubkan. Berikut ini adalah screen-shot hasil penelusuran blog Info Blog ini.

Info Blog, hasil penelusuran blog


Demikian uraian penulis tentang SEO Responsive Template, semoga bermanfaat.


Posted by: Shelly Imutz Info Blog Updated at : 10.16

3 komentar:

  1. keren mbak, template ternyata sangat berpengaruh buat SEO yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang begitu adanya karena semua isi blog kan ditempatkan dalam sebuah frame yang dikenal dengan istilah template.

      Hapus
  2. Mantap, memang sekarang lagi jamannya Responsive Template

    BalasHapus

Blog ini bukan blog sembarangan, maka berkomentarlah secara sopan, No Link aktif, No Spam, No OOT, No Promosi, No Sara, No Pornografi dan jangan menggunakan Anonimous.
Anda dapat mempergunakan emoticon di bawah ini dalam komentar anda.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar ===>>

Back to top