Home » » Info Blog, Responsive Template tidaklah cukup

Info Blog, Responsive Template tidaklah cukup

Info Blog, dalam artikel ini akan sedikit berbagi pengalaman tentang Responsive Template sebagai solusi menghadapi algoritma Google MobileGeddon yang telah mulai berlaku sejak tanggal 21 April 2015 kemarin, hal mana algoritma ini menekankan pada sisi mobile friendly. Sebuah blog dapat dikatakan mobile friendly bilamana ia memiliki template yang memiliki kemampuan menyesuaikan diri secara otomatis dengan berbagai ukuran layar monitor yang dipergunakan untuk mengaksesnya. Model template yang demikian ini terkenal dengan sebutan Responsive Template.

Bagi saya pribadi, pemakaian Responsive Template saja tidaklah cukup mendukung dalam upaya optimasi SEO untuk dapat meraih posisi terhormat di jajaran 10 besar halaman pencarian (SERP). Responsive Template ini hanya memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam ukuran layar, sedangkan untuk dapat menempati peringkat terbaik pada halaman pertama search engine tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan menyesuaikan diri dengan layar pembukanya. Upaya-upaya optimasi SEO dalam sebuah blog masih ikut berperan penting di dalamnya.

Kesimpulan utamanya adalah Responsive Template yang dipergunakan wajib pula memiliki beberapa hal penting diantaranya : pertama memiliki kombinasi script Meta Tag yang SEO Friendly, kedua memiliki kemampuan loading yang ringan, ketiga tidak menjadikan score SEO menjadi menurun (bila dibandingkan dengan pemakaian template yang biasa) dan masih ada beberapa hal penting lainnya. Dengan pemakaian Responsive Template yang mumpuni atau paling tidak memiliki kegita faktor yang saya sebutkan di atas, maka kita akan mampu mempertahankan kedudukan blog kita pada halaman pencarian search engine. Baiklah mari kita perhatikan beberapa gambar di bawah ini berkaitan dengan Responsive Template yang dipergunakan kami pergunakan dalam Info Blog ini :

Info Blog, bing webmaster analizer

Gambar di atas adalah hasil dari SEO Analizer milik Bing Webmaster yang menunjukkan kepada kita bahwa Responsive Template yang dipergunakan dalam blog ini tidak memiliki SEO violation (error), artinya menurut Bing Webmaster optimasi SEO termasuk kombinasi Meta Tag dalam template blog ini sangat bagus. Selanjutnya mari kita perhatikan gambar yang kedua di bawah ini :

Info Blog, hasil chkme.com

Hasil score SEO yang ditunjukkan oleh chkme.com atas template blog ini adalah 100 %, artinya Responsive Template yang digunakan tidak memiliki kesalahan atau kekurangan yang berarti alias "sempurna", sama sekali tidak ada kesalahan Meta Tag dan optimasi gambar-gambar yang maksimal.

Kecepatan loading sebuah blog tidak dapat dilepaskan dari sisi berat blog itu sendiri, blog yang ringan berarti akan memiliki loading yang cepat. Hal ini menjadi penting untuk dipertimbangkan, karena algoritma MobileGeddon mensyaratkan kemudahan akses dengan perangkat mobile. Blog yang ringan tentu akan lebih mudah dan cepat diakses dengan mempergunakan perangkat mobile. Berikut ini gambar hasil tes berat blog (termasuk Template Blog) ini.

Info Blog, berat blog

Template blog ini telah dipasangi dengan berbagai macam widget blog, namun berat blog yang terdeteksi hanya berkisar 62.64 Kb, sebuah hasil yang sangat bagus. Berat ringannya sebuah blog ini tidak akan pernah dapat dilepaskan dari berat-ringannya sebuah Template Blog yang dipergunakan.

Dalam artikel-artikel mendatang akan kami kupas tentang beberapa cara untuk membuat sebuah blog menjadi ringan.


Posted by: Shelly Imutz Info Blog Updated at : 13.59

8 komentar:

  1. Tetapi template juga harus mendapat perhatian yah mbak, agar bisa menyesuaikan dengan mobile supaya pembaca yang menggunakan mobile bisa nyaman dalam membaca informasi yang diberikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagiku template blog bukan segala-galanya, namun kualitas Konten dan optimasi SEO tetap menjadi unggulan. Trims

      Hapus
  2. Setuju mas bro, responsive template itu hanya merupakan salah satu sarana saja :d

    BalasHapus
  3. (o) Yah ... Responsive Template juga memiliki kelemahan yang cukup mendasar .......

    BalasHapus
  4. Benar juga,Responsive Template juga belum bisa mndukung blog
    makasih mbk bro infonya

    BalasHapus
  5. Responsive web design refers that web pages should display its content to fit any devices like Desktop. Mobile Phone, Tablet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Many thanks for coming ................

      Hapus
  6. The main thing which i like about web designing is that it needs creativity and we need to work differently acccording to our clients need this needs a creativity and innovation.
    web designing course in chennai|web designing training in chennai|FITA Velachery Reviews

    BalasHapus

Blog ini bukan blog sembarangan, maka berkomentarlah secara sopan, No Link aktif, No Spam, No OOT, No Promosi, No Sara, No Pornografi dan jangan menggunakan Anonimous.
Anda dapat mempergunakan emoticon di bawah ini dalam komentar anda.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar ===>>

Back to top