Home » » Membuat Sitemap - Daftar Halaman Otomatis

Membuat Sitemap - Daftar Halaman Otomatis

Info Blog pada kesempatan kali ini ingin berbagi cara membuat Sitemap - Daftar Halaman Otomatis di blog yang berguna untuk memberikan informasi menyeluruh tentang artikel-artikel yang ada di dalam sebuah blog. Sitemap atau Daftar Halaman ini bersifat otomatis, sehingga memudahkan kita dalam melakukan update artikel blog dengan artikel-artikel yang baru. Artinya, kita kita perlu melakukan setting secara satu persatu, namun setiap kali kita membuat artikel baru, maka artikel tersebut secara otomatis akan langsung masuk dalam Daftar Halaman ini sesuai dengan "label" artikel yang telah kita tetapkan sebelumnya.

Bagaimana tampilan Daftar Halaman Otomatis tersebut, untuk itu silahkan anda perhatikan gambar di bawah ini.

Info Blog, daftar halaman Otomatis

Dengan tampilannya yang cukup menarik serta kemudahan fasilitas yang disediakannya, adalah merupakan suatu kerugian bilamana kita tidak membuatnya untuk sebuah blog yang kita sayangi atau sedang kita kelola. Dengan memiliki Daftar Halaman (Otomatis) ini maka diharapkan akan dapat meningkatkan "pageview" sebuah blog yang pada akhirnya baik secara langsung maupun tidak langsung akan sangat membantu untuk menurunkan peringkat Alexa blog anda.

Daftar Halaman Otomatis ini sebaiknya kita letakkan pada sebuah "halaman statis" sebagai bagian dari upaya menyembunyikannya, dan untuk menampilkannya kembali, maka kita harus memasangkan widget "Page-List" yang biasanya diletakkan persis di bawah menu navigasi utama blog. Widget Page List ini dapat kita atur secara otomatis dari dalam blog itu sendiri, yaitu dengan menampilkan halaman-halaman statis tertentu yang menurut kita penting untuk ditampilkan. Pada kesempatan lain akan penulis tuturkan cara membuat widget "Page List" ini.

Kembali ke masalah Daftar Halaman Otomatis, pembuatannya tidak membutuhkan suatu keahlian tertentu, namun cukup anda membuka sebuah halaman statis baru atau bisa juga dengan halaman postingan biasa. Kemudian ambil menu HTML (bukan compose), tombol ini terletak di bagian atas sebelah kiri menu editor artikel/halaman. Setelah terbuka menu HTML, kemudian copy kan rangkaian script berikut ini  :

<link href="https://googledrive.com/host/0B3vPWSQIZ_6dRVJ4QUpDaEhBNDA" rel="stylesheet" type="text/css"></link>
<script src="http://yourjavascript.com/7157415382/halaman2.js" type="text/javascript"></script><script src="http://infoblog667.blogspot.com/feeds/posts/summary?max-results=1000&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script><script type="text/javascript">var accToc=true;</script>

Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Info Blog, membuat daftar halaman

Langkah berikutnya adalah, mengganti alamat url yang tercetak tebal dalam script di atas dengan alamat url blog anda sendiri. Kemudian simpan dan publikasikan ........., lihat hasilnya.

Demikian uraian penulis tentang membuat Sitemap atau Daftar Halaman Otomatis di blog, bilamana anda masih mengalami kesulitan, silahkan hubungi aku lewat kotak komentar di bawah ini.

Posted by: Shelly Imutz Info Blog Updated at : 14.55

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini bukan blog sembarangan, maka berkomentarlah secara sopan, No Link aktif, No Spam, No OOT, No Promosi, No Sara, No Pornografi dan jangan menggunakan Anonimous.
Anda dapat mempergunakan emoticon di bawah ini dalam komentar anda.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar ===>>

Back to top