Home » » Menapak Tangga Popularitas sebuah Blog

Menapak Tangga Popularitas sebuah Blog

Info Blog, blog bannerInfo Blog, pada kesempatan update artikel ini akan sedikit membahas tentang Menapak Tangga Popularitas sebuah Blog yang pada dasarnya selalu menjadi sebuah tujuan aktivitas di dunia blogging bagi kebanyakan blogger. Menapak Tangga Popularitas sebuah Blog ini tentunya tidak akan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dengan model upaya yang asal-asalan (tanpa tujuan yang pasti serta tidak ada konsistensi dalam aktivitas blogging). Salah satu tujuan utamanya adalah mendapatkan atau menempati salah satu posisi tertinggi pada sebuah daftar halaman pencarian search engine berdasarkan sebuah kata kunci tertentu.

Memang, keberhasilan menempati posisi strategis dalam sebuah daftar halaman hasil pencarian search engine ini tidak serta merta menjadi jaminan sebuah blog akan menjadi populer, namun posisi tersebut paling tidak memberikan peluang yang besar bagi sebuah blog untuk meraih sejumlah besar kunjungan untuk meningkatkan kuantitas pageviews blog. Sebuah blog yang mampu menempati halaman pertama sebuah daftar hasil pencarian search engine (berdasarkan sebuah kata kunci) tentunya memiliki potensi yang besar untuk di "klik" oleh calon pengunjung dan selanjutnya pasti akan menerima kunjungan dalam jumlah yang cukup signifikan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencapai maksud tersebut di atas adalah  :

1. Memiliki Alamat URL Yang Mudah di Ingat
Alamat url blog juga sangat berpengaruh, usahakan yang mudah diingat oleh orang lain. Selain itu orang juga terkadang akan merasa malas apabila harus mengetikkan alamat url yang terlalu panjang apalagi bila ditambah karakter seperti tanda "-" atau lainnya. Jadi pilihlah alamat url yang tidak terlalu panjang dan mudah diingat.

2. Update Secara Berkala
Supaya pengunjung tidak merasa bosan dengan konten yang itu itu saja, anda harus melakukan update pada blog anda secara rutin dan berkala berdasarkan periode tertentu, jangan sampai membuat orang jenuh dan malas untuk berkunjung pada blog anda lagi. Update postingan pada blog anda secara berkala dan rutin agar para pengunjung paham kapan postingan baru pada blog anda dibuat.

3. Proses Loading Yang Tidak Lama
Terkadang kita merasa jengkel dan enggan sekali untuk membuka halaman web yang loading nya relatif lama. Supaya hal itu tidak terjadi, saran saya gunakanlah template blog yang simple, kemudian jangan membuat konten dengan gambar postingan yang berukuran besar. Size blog yang baik itu berukuran 100 kb kebawah, pada ukuran itu proses loading masih cukup lancar meskipun koneksi internet tidak terlalu baik.

4. Kualitas Postingan
Pada saat posting juga gunakanlah bahasa yang mudah dipahami, perhatikan kerapihan postingan. Apabila postingan merupakan hasil copas dari website lain maka cantumkanlah link sumbernya karena itu merupakan hasil karya pemikiran orang lain. Sedapat mungkin tuliskanlah artikel postingan yang unik dan original serta berkualitas, karena baik pengunjung maupun search engine sangat menyukai sesuatu yang fresh, unik dan berkualitas.

5. Memperhatikan Estetika Desain Blog
Pengunjung biasanya akan merasa nyaman apabila melihat halaman blog  yang bagus. Saran saya gunakan template sesuai thema blog anda, tidak terlalu banyak memuat iklan yang berserakan, dan usahakan blog anda terlihat sangat rapi serta enak dilihat. Jadi lupakan moto "kesampingkan estitika because konten is the king" karena estetika dan konten adalah merupakan sebuah hal yang sama pentingnya bagi perkembangan sebuah blog.

6. Manfaatkan berbagai situs Media Sosial
Sebagus apapun blog yang anda miliki, sebagus apapun konten blog (postingan) yang anda miliki, namun semuanya itu tidak akan ada artinya bilamana tidak didukung dengan berbagai upaya promosi blog secara maksimal. Untuk itu anda dapat memanfaatkan berbagai situs Media Sosial yang ada sebagai sarana untuk memperkenalkan sekaligus mengembangkan blog (berikut postingan yang ada di dalamnya) yang anda miliki. Metode sharing artikel ini juga bermanfaat untuk mendapatkan backlink sekaligus menarik minat visitor blog.

7. Maksimalkan aktivitas Blogwalking
Aktivitas blogwalking pada dasarnya juga merupakan suatu sarana yang baik dan bermanfaat untuk mengembangkan serta mempopulerkan sebuah blog. Manfaatkan metode blogwalking ini dengan meninggalkan berbagai komentar-komentar yang bermutu dan sedapat mungkin jangan melakukan praktek-praktek spammer.


Dengan memaksimalkan ke tujuh point tersebut di atas, maka anda telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk dapat sukses Menapak Tangga Popularitas sebuah Blog versi Info Blog.

Posted by: Shelly Imutz Info Blog Updated at : 06.42

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini bukan blog sembarangan, maka berkomentarlah secara sopan, No Link aktif, No Spam, No OOT, No Promosi, No Sara, No Pornografi dan jangan menggunakan Anonimous.
Anda dapat mempergunakan emoticon di bawah ini dalam komentar anda.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar ===>>

Back to top